Cari topik lain

Followers

Solusi Anti Sedih

Selasa, 17 Desember 2013



Sedih....itu kenyataan yang saat ini terasa dan tak terhindarkan karena kondisi terkhianati, keinginan yang belum terwujud, harapan yang tak terpenuhi, tak dihargai pasangan, dll yang intinya kenyataan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Sedih itu tak ada guna, begitu kata nasehat bijak, malahan merangsang hormon kortisol yang tidak bersahabat dengan kesehatan sehingga dalam jangka panjang akumulasinya bisa menimbulkan penyakit yang disebut psikosomatis atau dalam jangka panjang akan tiba pada kondisi penyakit yang sudah bisa didiagnosa sebagai penyakit tertentu contohnya jantung koroner, hipertensi, stroke, dll....itu ilmunya.

Solusinya adalah membuat sedih itu menjadi tidak terasa. Rasa sedih sepertinya hanya ada di dalam hati. Jadi solusi tercepat adalah dengan memanipulasi rasa di dalam hati sehingga "rasa sedih" segera terganti dengan "biasa-biasa saja" alias tidak sedih dan terus ditingkatkan menjadi "rasa bahagia". Level rasa bahagia harus dicapai karena rasa bahagia ini bisa memicu kerja hormon DHEA (dehidroepiendosteron) yang membuat wajah kita tampak awet muda, jantung kita bersih, nafas terasa lega....dll.

Untuk jangkan menengah dan panjang kita berjuang supaya penyebab sedih dari unsur eksternal bisa diselesaikan. Hal-hal yang tidak sesuai harapan kita perjuangkan supaya dalam waktu yang sesingkat-singkatnya segera terwujud yang sesuai harapan. Yang terkhianati segera mencapai kata sepakat untuk saling memafkan dan tidak akan mengulangi lagi di waktu mendatang atau mencari pengganti yang diprediksi dalam jangka panjang atau selama-lamanya tidak akan berkhianat.

Namun yang terpenting adalah memanipulasi hati dalam waktu singkat supaya dampak jangkan panjang yang negatip bisa dihindari. Cara yang sering saya gunakan diantaranya :
1. Bibir kita buat senyum supaya bisa merangsang balik sehingga pikiran ikut tersenyum dan hati akhirnya juga tersenyum.
2. Dzikir nafas untuk mendekatkan hati pada Yang Maha Kuasa dan memikirikan hakikat kehidupan, untuk apa kita dilahirkan dan kemana kita nanti akan kembali.
3. Mengatur nafas sehingga terjadi nafas "yang benar". Nafas yang benar adalah jika kita bernafas menggunakan otot diafragma sebagai pelaku utama dalam gerakan nafas kita. Ciri-cirinya ketika tarik nafas perut mengembang dan sebaliknya ketika keluar nafas.
4. Usahakan memandang ke arah jarak jauh seperti puncak gunung, pemandangan alam luas, dll. yang bernuansa hijau alami, jika ini tidak ditemukan ya sudah tutup mata saja he3x...
5. Bayangkan hal2 yang sangat membahagiakan hati kita, contohnya bayangkan Anda adalah pemecah rekor dunia olah raga tertentu...dan Anda disambut tepuk tangan riuh berjuta penonton yang mengagumi Anda.

Mungkin masih banyak cara untuk memanipulasi hati supaya tidak merasakan sedih. Saya sakin Anda bisa menambahkan berjuta cara untuk itu. Tulisan ini saya maksudkan bahwa Anda yang sedang bersedih harus segera lakukan upaya supaya rasa sedih ini tidak terlalu lama menyiksa hati Anda. Selamat berjuang menghilangkan rasa sedih.

|

0 komentar

Posting Komentar

Jual Beli Kripto